Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Benar Servis Atas Untuk Bermain Bola Voli

Teknik Melakukan Servis Atas Dalam Bermain Bola Voli

Voli ( volley ) adalah permainan bola yang menggunakan kedua tangan sebagai alat untuk bermainnya. Ada banyak refrensi tentang teknik-teknik bermain voli yang bisa anda jadikan bahan acuan dalam program latihan. Pada artikel kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana teknik melakukan servis atas dalam bermain bola voli.

Secara sederhana ada tiga fase teknik gerakan awalan yang bisa dilakukan dan bisa anda ikuti untuk mempermudah dalam melakukan latihan servis atas.

Cara melakukan servis atas dalam permainan bola voli adalah:

  1. Persiapan, berdiri dengan kedua kaki dalam posisi melangkah, berat badan bertumpu pada kedua kaki dan sikap badan agak ke depan, pegang bola di depan badan.
  2. Gerakan, lambungkan bola ke atas agak ke belakang menggunakan tangan kiri, lentingkan badan ke belakang. Bersamaan dengann gerakan badan ke depan, bola dipukul menggunakan tangan kanan yang dibantu dengan mengaktifkan pergelangan tangan.
  3. Akhir Gerakan, ikuti gerakan badan ke depan dengan menlangkahkan kaki belakang ke depan. Berakan ini merupakan gerak dasar (fundamental) dari gerak memukul. 
Sebagai catatan untuk lebih mempermudah latihan anda khususnya bagi pemula disarankan pada setiap perpindahan gerakan menggunakan hitungan.

Itulah materi teknik melakukan servis atas dalam bermain bola voli yang bisa saya bagikan mudah-mudahan bermanfaat.Silahkan buka halaman berikutnya untuk materi yang lain dan jangan segan memberikan komentar atau sarannya untuk bahan kreksi penulis.