Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghentikan Bola Pasing Pemainan Sepak Bola

Teknik Berlatih Menghentikan Bola ( Stopping )


Melatih bermain sepak bola khususnya pada teknik menghentikan bola ( stopping) tidaklah sulit, namun dibutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam menjalankan programnya.
 Kali ini saya akan menjelaskan salahsatu teknik berlatih menghentikan bola ( stopping) yang bisa anda lakukan untuk menambah materi latihan sepak bola anda.


Menghentikan bola (stopping)



Menghentikan bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepakbola yang penggunaanya bersamaan dengan teknik menendang bola. Tujuan menghentikan bola adalah untuk mengontrol bola, yang termasuk didalamnya adalah untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk passing. Analisis gerakanya sebagai berikut :


  1. Posisi badan segaris dengan datangnya bola. 
  2.  Kaki tumpu mengarah pada boladengan lutut sedikit ditekut
  3. Kaki penghenti diangkat sedikit deengan permukaan bagian dalam kaki dijulurkan kedepan segaris dengan datangnya bola 
  4.  Bola menyentuh kaki persis dibagian dalam/mata kaki
  5. Kaki penghenti mengikuti arah bola.


Untuk teknik menghentikan bola masih terdapat banyak cara yang dapat dilakukan diantaranya yaitu menggunakan Punggung kaki, Paha, Dada, serta Kepala apabila memungkinkan.
Semua teknik tersebut bisa anda pelajari karena pada dasarnya cara dan susunannya sama hanya jenis objek badan kita yang pasti berbeda tergantung bagian tubuh yang mana yang akan digunakan untuk menghentikan bola ( stopping). mudah-mudahan bermanfaat.