Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Pertama Saat Melakukan Olahraga Adalah Pemanasan

Pentingnya Pemanasan Sebalum Ber Olahraga

Melakukan aktivitas olahraga memang sangatlah mudah karena pada dasarnya olahraga adalah gerak tubuh artinya pergerakan tubuh. Tetapi perlu anda ingat bahwa melakukan olahraga dengan tidak teratur dan tidak terarah akan sia-sia bahkan bisa menimbulkan resiko cedera. Maka dari itu anda harus tau bahwa pentingnya pemanasan sebelum ber olahraga. https://visual.ly/users/jizemewi/portfolio


Melakukan pemanasan sebelum olahraga juag sangat mudah, tetapi juga tidak gampang untuk dilakukan. Karena pemanasan itu sangat penting, maka cara melakukannyapun harus sesuai dengan olahraga yang dilakukan. contohnya: Anda berolahraga sepak bola, maka sebelum berolahraga anda melakukan pemanasan dengan memperbanyak gerak di bagian kaki. 

Pentingnya pemanasan sebelum ber olahraga tujuannya adalah untuk mempersiapkan otot, sendi, tulang, dan bagian-bagian tubuh yang lainnya yang mungkin akan bergerak pada saat anda berolahraga. Manfaat pemanasan itu sendiri sangatlah besar seperti mencegah resiko cedera, meningkatkan performa, tubuh labih fleksibel dan elastis, membantu tubuh lebih rileks. Artinya dengan melakukan pemanasan sebelum ber olahraga maka peredaran darah akan mengalir ke otot dengan baik sehingga siap untuk aktivitas yang lebih besar.

Melakukan pemanasan sebelum olahraga tidak perlu sulit, tidak perlu bantuan dari orang lain, dan tidak perlu biaya. Anda cukup menggerakan atau menarik bagian tubuh secara terurut dan ringan, seperti misalnya menarik kepala dari atas ke bawah, samping kanan ke kiri. menarik tangan atas ke bawah, samping kanan ke kiri, dan seterusnya hingga kaki. Lakukan juga pergerakan dinamis seperti misalnya joging-joging kecil, aerobik ringan, dan lari-lari kecil di tempat dan loncat-loncat rendah. Hingga tubuh kita berkeringat dan merasa siap untuk berolahraga yang akan dilakukannya.

Sebagai catatan dari saya apapun bentuk olahraga yang anda pilih, lakukanlah pemanasan dengan baik. Pemanasan sebelum olahraga sangat penting untuk menyiapkan otot dan sendi untuk lebih siap juga untuk menghindari resiko kemumgkinan terjadinya cedera.

Itulah materi yang bisa saya bagikan tentang pentingnya  pemanasan sebelum ber olahraga mudah-mudahan bermanfaat.